Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Maret 2011

Sel Islet Tumor Pankreas

Sel Islet Tumor Pankreas adalah tumor pankreas yang jarang terjadi. Tumor muncul dari sebuah sel di pankreas. Pada pankreas normal, sel-sel kecil memproduksi hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh, seperti kadar gula darah dan produksi asam lambung.

Tumor yang muncul dari sel-sel pulau pankreas juga dapat menghasilkan berbagai hormon, meskipun beberapa tidak. Meskipun sel-sel pulau kecil menghasilkan hormon yang berbeda, kebanyakan tumor hanya mengeluarkan hormon tertentu yang mengarah pada gejala spesifik. Tumor sel islet pankreas bisa jinak atau ganas (kanker).

Gejala
# Berkeringat
# Tremor
# Denyut jantung cepat
# Cemas
# Merasa lapar
# Pusing
# Pandangan kabur
# Kejang
# Kehilangan kesadaran
# Mulut dan lidah meradang.

Perawatan
Perawatan akan tergantung pada jenis tumor ditemukan dan apakah tumor jinak atau ganas. Tumor ganas menyebar ke organ lain, tumbuh secara agresif, dan mungkin tidak dapat diobati. Jika memungkinkan, umumnya, tumor diangkat melalui pembedahan.

Jika sel-sel kanker ganas menyebar (bermetastasis) ke hati, sebagian hati mungkin akan dihilangkan. Jika kanker tersebar luas, berbagai bentuk kemoterapi dapat digunakan untuk mengecilkan tumor.

Jika produksi hormon abnormal menyebabkan masalah, obat-obatan dapat diberikan untuk melawan efek mereka. Sebagai contoh, kelebihan produksi dari gastrin dalam kasus di gastrinomas hasil over skresi asam dalam perut, dan obat-obatan yang menghambat sekresi asam dapat diambil untuk mengurangi gejala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar